Artikel Html



HTML

Pengertian
 HyperText Markup Language (HTML) adalah suatu metode untuk mengimplementasikan konsep hypertext dalam suatu naskah atau dokumen. Namun HTML bukanlah sebuah bahasa pemrograman. tetapi hanyalah berisi perintah-perintah yang telah terstruktur berupa tag-tag penyusun. Awalnya HTML dikembangkan sebagi subset SGML (Standard Generalized Mark-up Language). Karena HTML didedikasikan untuk ditransmisikan melalui media Internet, maka HTML relatif lebih sederhana dari pada SGML yang lebih di tekankan pada format dokumen yang berorientasi pada aplikasi.
HTML merupakan pengembangan dari standar pemformatan dokumen teks yaitu Standard Generalized Markup Language (SGML). HTML sebenarnya adalah dokumen ASCII atau teks biasa, yang dirancang untuk tidak tergantung pada suatu sistem operasi tertentu. HTML dibuat oleh Tim Berners-Lee ketika masih bekerja untuk CERN dan dipopulerkan pertama kali oleh browser Mosaic. Selama awal tahun 1990, HTML mengalami perkembangan yang sangat pesat.Setiap pengembangan HTML pasti akan menambahkan kemampuan dan fasilitas yang lebih baik dari versi sebelumnya. Namun perkembangan resmi dikeluarkan pada bulan November 1995 oleh IETF ( Internet Engineering Task Force ). HTML 2.0 ini merupakan penyempurnaan dari  HTML+ (1993). HTML 3.0 (1995) memberikan kemampuan lebih daripada versi sebelumnya. Sebuah Usaha dari World Wide Web Consortium’s (W3C) HTML Working Group pada tahun 1996 menghasilkan HTML 3.2. HTML versi ini secara resmi diterbitkan pada bulan Januari 1997. HTML versi terbaru adalah HTML 4.01 yang dikeluarkan secara resmi oleh W3C pada tanggal 24 April 1998. HTML merupakan perbaikan dari HTML 4.0 yang lebih dulu diterbitkan (18 Desember 1997).HTML harus di awali dan diakhiri dengan kode-kode html dimana menunjukkan bagaimana keluarannya pada saat di jalankan pada sebuah web browser. Bahasa pemrograman itu dipahami oleh semua komputer di dunia atau internet. Perintah html harus berada didalam tanda <..>, yang digunakan untuk menampilkan fungsi – fungsi tertentu misalnya fungsi link dan sebagainya.Dinamakan Hypertext karena kita bias membaca isi dari sebuah dokumen/berita tanpa harus membacanya baris demi baris. Kita bias melompat – lompat dari satu topik ke topik lainnya. Dinamakan MarkUp Languange karena dokumen html mengandung tanda atau perintah tertentu untuk menentukan tampilan teks, gambar, dan sebagainya beserta fungsi – fungsi yang diinginkan.
Secara garis besar, terdapat 4 jenis elemen dari HTML:
·         Struktural. Tanda yang menentukan level atau tingkatan dari sebuah tulisan (contoh, <h1>Golf</h1> akan memerintahkan peramban untuk menampilkan "Golf" sebagai tulisan tebal besar yang menunjukkan sebagai Heading 1.
·         Presentasional. Tanda yang menentukan tampilan dari sebuah tulisan tidak peduli dengan level dari tulisan tersebut (contoh, <b>boldface</b> akan menampilkan bold. Tanda presentasional saat ini sudah mulai digantikan oleh CSS dan tidak direkomendasikan untuk mengatur tampilan tulisan,
·         Hyperteks. Tanda yang menunjukkan pranala ke bagian dari dokumen tersebut atau pranala ke dokumen lain (contoh,<ahref="http://www.wikipedia.org/">Wikipedia</a>  akan menampilkan Wikipedia sebagai sebuah hyperlink ke URL tertentu),
·         Elemen widget yang membuat objek-objek lain seperti tombol (<button>), list (<li>), dan garis horizontal (<hr>). Konsep hypertext pada HTML memungkinkan pembuatan link pada suatu kelompok kata atau frasa untuk menuju ke bagian manapun dalam World Wide Web,
Fungsi       
Secara umum, fungsi HTML adalah untuk mengelola serangkaian data dan informasi sehingga suatu dokumen dapat diakses dan ditampilkan di Internet melalui layanan web.
Fungsi HTML yang lebih spesifik yaitu :
·         Membuat halaman web.
·         Membuat link menuju halaman web lain dengan kode tertentu (hypertext).
·         Membentuk tata letak dokumen, dalam hal ini menentukan jenis huruf, gambar, dan komponen dokumen lainnya.
·         Kita dapat menampilkan suatu kelompok kata dalam beberapa ukuran yang dapat digunakan untuk judul, heading dan sebagainya.
·         Kita dapat menampilkan tulisan dalam bentuk cetakan tebal ,bentuk miring, dll.

Kegunaan Html
Dengan menggunakan HTML anda dapat membuat antara lain :
a.      Membuat link
b.      Memodifikasi format teks
Penggunaan HTML memungkinkan kita untuk memodifikasi tampilan atau format dokumen yang akan kita transmisikan melalui media Internet.
c.       Menampilkan daftar sesuatu dalam bentuk point-point (item)
Dengan HTML kita dapat menampilkan daftar atau deretan informasi dalam bentuk point-point sehingga lebih mudah dibaca dan dipahami Membuat link.
d.      Menyisipkan citra
Dengan menyisipkan citra maka tampilan page kita akan lebih menarik, interaktif dan informatif untuk mendukung data-data lainnya dalam bentuk teks.
e.       Menampilkan informasi dalam bentuk tabel
Penampilan informasi dalam bentuk tabel ini akan mempermudah pembaca untuk memahami informasi yang kita tawarkan..
Komponen utama Html
a.        Elemen
Elemen dibagi menjadi dua kategori utama, yaitu elemen-elemen <HEAD> yang memberikan informasi tentang dokumen tersebut.dan <BODY> yang menentukan bagaimana isi suatu dokumen ditampilkan oleh browser
b.       Tag
Tag Pada saat web browser menampilkan suatu web page, browser tersebut akanmembaca teks-teks pada dokumen HTML, dan mencari kode khusus yang disebut tag. Tag awal dinyatakan dalam bentuk <nama tag> sedang tag akhir dinyatakan dalam bentuk </nama tag>.
Elemen Dasar HTML
HTML tidak hanya menyediakan teks saja dalam dokumennya, tetapi juga mampu menampilkan objek-objek multimedia seperti gambar, suara, video, dan bahkan telah merambah lebih jauh dengan adanya VRML serta applet-applet Java.Untuk informasi yang berupa teks, HTML telah menyediakan bermacam-macam elemen, seperti :
a) Paragraph, untuk membuat suatu paragraph
b) Blockquote, untuk membuat suatu kutipan teks
c) preformatted text, untuk menampilkan teks seperti yang dituliskan
d) divider, digunakan untuk mengelompokkan suatu teks tertentu

0 komentar:

Posting Komentar